Ikan Nila di Masa Depan


Keterbatasan mendapatkan ikan di laut lepas membuat semakin banyak konsumen mencari alternatif membudidayakan perikanan darat di air tawar. Ikan nila bisa memainkan peran penting di sini, karena petani bukan menangkap dari alam. Beberapa proyek juga telah diluncurkan di mana keluarga miskin di seluruh dunia didorong untuk beternak nila, beternak nila di belakang halaman belakang rumah mereka sendiri untuk dimakan sendiri dan jika kelebihan dapat dijual ke pasar lokal.
Di Amerika Latin, lebih besar peternakan komersial mengekspor ikan nila atau tilapia segar ke pasar AS. Hal ini telah memberikan kesempatan kerja bagi penduduk setempat. Nila beku ekspor pertanian juga merupakan sumber pendapatan yang penting bagi banyak negara di Asia Tenggara. Beternak ikan nila dapat menjadi jalan bagi negara-negara tropis untuk memanfaatkan iklim yang hangat, karena nila dapat tumbuh sepanjang tahun asalkan suhu air cukup tinggi.
Aspek penting lain dari beternak ikan nila adalah bahwa banyak dari spesies nila tidak perlu diberi makan makanan yang kaya akan protein, dan ini benar-benar dapat memberikan kontribusi.
Di banyak negara, sekarang ini petani skala kecil mengabungkan peternakan ayam atau hewan peliharaan lainnya diatas kolam ikan mereka agar ikan nila mendapat makanan tambahan.
Ikan nila akan menjadi salah satu ikan alternative masyarakat Indonesia di massa akan datang karena telah bertambahnya varietas baru jenis-jenis ikan.  Memperkaya jenis-jenis ikan di kolam, sungai, danau. Dan lebih penting memperkaya persediaan protein tinggi konsumen.
·         ikan nila murah dibandingkan ikan lainnya
·         dapat dipelihara di pekarangan rumah
·         reproduksi atau pembibitan ikan nila yang mudah
·         bereproduksi setiap bulan
·         pertumbuhan ikan nila relative cepat dibandingkan ikan lainnya
·         jenis ikan nila bersih karena menyukai air yang bersih, mengalir tidak seperti ikan lele
·         waktu pemeliharaan yang juga pendek daripada ikan lainnya
Seperti anda ketahui, protein sangat penting untuk perkembangan otak dan tubuh manusia. Protein banyak terdapat pada ikan laut maupun ikan darat. Ikan nila dapat merupakan sumber penghasil protein tinggi. Konsumsi ikan nila akan semakin dibutuhkan karena beberapa alasan diatas.

Sumber : http://www.ikannila.com






0 komentar: