Wednesday 20 April 2011

Sejarah Ikan Nila

Legenda ikan nila sudah ada sejak 4000 tahun yang lalu. Nila dalam nama latin TILAPIA NILOTICA. Aristoteles dan rekan-rekanya memberi nama itu 300 tahun SM, diambil dari nama sebuah sungai terbesar di Afrika yang bermuara di pantai utara mesir. Konon nila merupakan makanan kerajaan karena ikan ini sangat langka pada awalnya namun jenis nila lainnya sudah ada di seluruh perairan darat Afrika seperti nila mosambicus, o. Aurea, o. Urelepis hornorum dan lain sebagainya. Nilotica dipelihara dalam kolam-kolam dalam istana raja.
"Mesir Kuno bukan satu-satunya orang yang menghargai nila. Nila telah, dan masih ada, ikan makanan penting bagi banyak kelompok yang berbeda yang hidup di Afrika dan kawasan Mediterania timur. Yunani dikenal sebagai penggemar dan Aristoteles nila diyakini telah menamakannya Tilapia niloticus (ikan Nil) pada 300 SM.
Di Indonesia nila masih cukup baru dan sudah pasti ada seseorang yang mendatangkan dari luar dan tak mesti dari Afrika. Bisa saja ikan nila ini dari negara tetangga kita.

Sumber : http://www.ikannila.com

0 komentar:

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 PUSAT NILA CIREBON All Right Reserved