Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

Budi Daya Ikan Nila sudah banyak dilakukan oleh para petani di negeri ini, walaupun demikian peluang usaha Budi Daya Ikan Nila masih terbuka lebar. Saat ini kecenderungan masyarakat dunia mulai mengurangi konsumsi daging hewan seperti sapi karena beberapa alasan seperti penyakit anthrax dan mulai beralih mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein. Salah satu sumber protein asal hewan air yang paling diminati pasar dunia adalah fillet (potongan daging tanpa tulang) ikan nila. Sehingga permintaan pasar dunia terhadap jenis fillet tersebut semakin meningkat. Negara yang menjadi pemasok fillet nila terbesar dunia adalah Cina, Indonesia, Thailand, Taiwan, dan Filipina. Meski demikian pasokan Fillet Ikan Nila dari negara-negara tersebut masih belum mencukupi. Sehingga Peluang Usaha Budi Daya Ikan Nila untuk mencukupi pasar tersebut masih terbuka luas.


Ikan Nila merupakan jenis ikan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Rasa daging ikan yang enak membuat banyak orang menyukainya. Bagi para petani memelihara ikan nila banyak dipilih karena mudah dalam membudidayakan dan mudah dalam pemasarannya. Selain itu minat pasar untuk ikan nila masih sangat lebar, mulai dari nila yang ukuran bibit sampai ikan nila yang di kategorikan sebagai ikan konsumsi semua pasar tersebut masih mungkin dimasuki. Karena termasuk ikan konsumsi, ikan nila memiliki harga yang cukup terjangkau pasar. Ikan Nila dapat dipasarkan melalui pasar dalam negeri dan pasar luar negeri.
Pasar dalam negeri biasanya dari jenis ikan nila lokal yang bisa disuplai ke berbgai kolam pemancingan, rumah makan, dan pedagang ikan. Sementara untuk pangsa ekspor biasanya dipilih ikan nila merah dan ikan nila gift, yang tentu saja harganya pasti akan lebih mahal dibandingkan ikan nila biasa. Tak heran bila banyak petani memilih Budi Daya Ikan Nila sebagai lahan usahanya. Anda tertarik? Berikut beberapa penjelasannya.

Jenis Ikan Nila

Ada beberapa jenis ikan Nila yang memliki pertumbuhan yang sangat cepat antara lain Nila Jica dan Nila Gift. Ikan Nila Jica merupakan hasil rekayasa genetik yang dilakukan sejak tahun 2002. Pengembangan Jenis ikan Nila ini dibantu oleh JICA (Japan for International Cooperation Agency, yang merupakan lembaga donor Pemerintah Jepang), kemudian jenis Ikan nila ini dinamakan nila jica. Jenis nila ini didapat dari hasil pengembangan lembaga riset Kagoshima Fisheries Research Station di Jepang. Kemudian, oleh BBAT Jambi, ikan ini dikembangkan lagi, hingga akhirnya muncul varietas baru.
Jenis Ikan Nila lain yang memiliki pertumbuhan cepat adalah Nila Gift (Genetic improvement of farmed tilapias), yang merupakan hasil pengembangan International Center for Living Aquatic Resources Management (ICLARM) Filipina. Ikan Nila Gift sangat digemari pasar dunia, selain itu pertumbuhan Ikan Nila Gift juga tergolong paling cepat, bahkan tiga kali lebih cepat dibanding ikan mujair. Nila Gift bahkan dinobatkan menjadi Ikan abad 21, pada Konferensi Perikanan Sedunia di Bangkok (Thailand) tahun 1996.

Pilihan Budi Daya Ikan Nila

Peluang Usaha Budi Daya Ikan Nila dapat memungkinkan dalam berbagai bentuk usaha yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan kondisi yang memungkinkan,diantaranya:
- Usaha Pembenihan Ikan Nila.
- Usaha Pembesaran Ikan Nila.
- Usaha Pemasaran atau Distribusi Ikan Nila.
Kebutuhan benih Ikan Nila seiring dengan kebutuhan ikan nila konsumsi, semakin besar kebutuhan konsumsi ikan Nila maka kebutuhan akan bibit nila semakin meningkat dengan demikian peluang usaha terbuka dalam hal pembibitan ikan nila. Metode pembibitan juga relatif lebih mudah, karena Ikan Nila dapat berkembang biak secara alami dengan sangat mudah. Hanya yang diperlukan adalah lahan yang cukup luas. Ikan Nila akan berkembang dengan sangat cepat pada areal sawah yang dangkal dan cukup luas dengan suhu air yang cukup hangat. Model pembenihan ikan nila bisa dilakukan dengan sistem mina padi.

Usaha pembesaran Ikan Nila dapat dilakukan pada semua tempat seperti kolam, tambak, karamba, jalapung bahkan pada air payau sekalipun. Resiko kematian usaha pembesaran relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan pembibitan, ikan nila relatif bisa bertahan hidup dalam kondidi air yang tidak begitu bagus. Usaha pembesaran ikan nila ditujukan untuk memenuhi permintaan konsumsi, yang bisa dipanen dalam masa 4 bulan sejak benih ikan Nila ditabur.

Lingkungan Hidup Ikan Nila

Ikan nila memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang baik dengan lingkungan sekitarnya. Ikan memiliki toleransi yang tinggi terhadap lingkungan hidupnya. Sehingga ia bisa dipelihara di dataran rendah yang berair payau maupun dataran yang tinggi dengan suhu yang rendah. Ia mampu hidup pada suhu 14 – 38 derajat celcius. Dengan suhu terbaik adalah 25 – 30 derajat. Hal yang paling berpengaruh dengan pertumbuhannya adalah salinitas atau kadar garam jumlah 0 – 29 % sebagai kadar maksimal untuk tumbuh dengan baik. Meski ia bisa hidup di kadar garam sampai 35% namun ia sudah tidak dapat tumbuh berkembang dengan baik.
Perkembangbiakan Ikan Nila
Ikan nila dapat mencapai saat dewasa pada umur 4 – 5 bulan dan ia akan mencapai pertumbuhan maksimal untuk melahirkan sampai berumur 1,5 – 2 tahun. Pada saat ia berumur lebih dari 1 tahun kira – kira beratnya mencapai 800g dan saat ini ia bisa mengeluarkan 1200 – 1500 larva setiap kali ia memijah. Dan dapat berlangsung selama 6 – 7 kali dalam setahun. Sebelum memijah ikan nila jantan selalu membuat sarang di dasar perairan dan daerahnya akan ia jaga dan merupakan daerah teritorialnya sendiri. Ikan Nila jantan menjadi agresif saat musim ini.

Makanan Ikan Nila

Ikan nila termasuk dalam ikan pemakan segala atau Omnivora. Ikan ini dapat berkembang biak dengan aneka makanan baik hewani maupun nabati. Ikan nila saat ia masih benih, pakannya adalah plankton dan lumut sedangkan jika ia sudah dewasa ia mampu diberi makanan tambahan seperti pelet dan berbagai makanan lain yaitu daun talas. Selain itu Ikan Nila dapat diberi makanan limbah rumah tangga. Pemberian makanan dengan limbah rumah tangga dapat menghemat biaya perawatan dan pemeliharaan.

Sumber : http://galeriukm.web.id

1 komentar:

  1. fadli widodo said...:

    BENIH NILA MURAH

    Kami kelompok tani pembudidaya ikan nila dan supplier benih ikan air tawar Mega Fish lokasi di Karangasem – Bali dan Sleman - Yogyakarta menawarkan bibit ikan nila unggul, sehat dan berkualitas.
    Pengiriman via darat dan cargo udara tujuan seluruh Indonesia dengan berbagai armada dan maskapai.
    Mega Farm mengajak dan membimbing masyarakat budidaya ikan nila secara modern dengan padat penebaran tinggi, dengan sasaran panen waktu singkat dan mengoptimalkan lahan yang sempit dengan panen yang melimpah
    Kami Mega Farm menawarkan kerjasama yang saling menguntungkan dan membuka ruang konsultasi terbuka untuk diskusi tentang metode jantanisasi (monosex) system budidaya biasa (konvensional), Karamba jaring apung dan kolam air deras meliputi cara penanganan larva, penebaran benih, persiapan media (pengomposan) dan cara budidaya super intensif karena kunci keberhasilan tergantung pada kualitas induk (sertifikasi), penanganan bibit yang benar dan konsep perencanaan desain kolam yang matang.
    Untuk menjaga stabilitas benih nila setiap waktu, selain produksi sendiri kami juga bekerjasama 80 petani binaan yang tersebar di Yogyakarta, jawa tengah hingga Karangasem Bali.

    Pengangkutan : Dikemas plastik dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan 18 jam.
    Kami menjual : Bibit nila merah super LARASATI, GIFT, GESIT.

    UKURAN : KAPASITAS / BOX :
    Larva : 50.000 ekor
    1-2cm : 15.000 ekor
    2-3cm : 7.000 ekor
    3-5cm : 5.000 ekor
    4-6cm : 4.000 ekor
    5-7cm : 3.000 ekor
    Untuk wilayah lokal dan sekitarnya pengambilan langsung ke kolam kami minimal 1000 ekor benih.

    Untuk menjaga kesegaran benih nila dan mempersingkat waktu pengiriman sampai tujuan via cargo udara kami mempunyai 2 basic pengiriman dari :

    Bandara Ngurah rai Bali untuk Indonesia bagian timur meliputi Maumere, Labuan bajo, Tambolaka, Waingapu, Kupang, Ternate, Manokrawi, Jayapura, Ende, Flores dan Bima

    Bandara Adisucipto Yogyakarta untuk wilayah bagian barat meliputi Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, Bengkulu, Lampung, Batam, Tanjung pinang, Tanjung pandan, Pangkal pinang, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Berau, Pontianak, Ketapang, Sintang, Makasar, Luwuk, Palu, Kendari, Gorontalo, Manado
    Kami memberikan garansi bibit ikan selamat sampai tujuan, Bagi kami silaturahmi diatas segala galanya.
    Untuk informasi pemesanan benih ikan dan ruang konsultasi silahkan contak

    Bapak Subhan 081804296000 atau 082226995735
    Alamat Yogyakarta : Jl.Palagan KM 12 Donoharjo Rt.04 Rw.10 Ngaklik - Sleman

    Bapak Hendi 081236139507
    Alamat Bali : Jl. Teuku Umar No.20 Bebandem Karangasem